Cara Mudah Download Video Youtube Tanpa Bantuan Software

Youtube adalah sebuah situs untuk berbagi video, Youtube dibuat pada tahun 2005 oleh Steve Chen , Chad Hurley, dan Jawed Karim yang ketiganya merupakan mantan karyawan  PayPal. Hurley menuntut ilmu Desain di Indiana University of Pennsylvania, sedangkan Chen dan Karim menuntut ilmu komputer di University of Illinois. Pada bulan November 2006 Youtube  resmi dibeli oleh Google seharga $1,65 miliar sejak saat itu Youtube berada di bawah bendera Google sebagai anak perusahaan.

Pada saat ini Youtube sudah sangat populer,  banyak sekali video-video yang bermanfaat yang bisa kita saksikan secara gratis di Youtube,  kita juga dapat mendownload video favorit kita, hanya sayang Youtube tidak menyediakan fitur khusus untuk mendownload video, Youtube memang sengaja tidak membuatnya demi untuk melindungi konten yang dimilikinya.

Tapi meskipun Youtube tidak membuat fitur khusus untuk mendownload video banyak sekali  pihak ketiga yang menyediakan alat berupa software  untuk memudahkan kita mendownload video dari Youtube dengan mudah dan cepat dengan cara menginstall terlebih dahulu software tersebut di komputer kita.

Ada yang lebih cepat dan praktis bagaimana kita mendownload video dari youtube tanpa harus menginstall software pihak ketiga di komputer kita. Saat ini sudah ada banyak situs yang menyediakan fasilitas khusus untuk mendownload video dari Youtube tanpa kita diharuskan untuk menginstall software  terlebih dahulu. Salah satu situs penyedia layanan untuk mendownload video dari Youtube yang paling banyak dipergunakan adalah Savefrom.net, kita hanya tinggal menambhkan “ss” sebelum kata youtube pada  URL video Youtube yang akan didownload. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pertama buka video di Youtube yang akan kita download
  • Pada URL video yang ada di Browser tambahkan hurup “ss” ( tidak memakai tanda petik ) sebelum kata youtube, sebagai contoh misalnya url video yang akan kita download seperti ini https://www.youtube.com/watch?v=Hp9h2O9nf64, maka untuk mendownloadnya kita tambahkan ss sebelum kata youtube menjadi seperti ini  https://www.ssyoutubecom/watch?v=Hp9h2O9nf64, setelah ditambahkan ‘ss” didepannya kemudian enter.

  • Selanjutnya kita akan dibawa masuk ke situs savefrom.net dengan url video yang sudah siap untuk didownload, Pada kotak download atur format video yang diinginkan misalnya “MP4 720P” jika sudah kemudian klik tombol download maka video favorit kita tersebut akan langsung terdownload.

  • Silakan coba langkah-langkah diatas untuk video lain yang ingin didownload.

Demikian tutorial bagaimana cara mendownload video dari Youtube tanpa terlebih dahulu menginstall software dari pihak  ketiga, yang tentu saja agak sedikit merepotkan dan dapat memenuhi harddisk komputer kita. Semoga artikelnya bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.