Cara Mudah Melakukan Root Redmi 2 Langsung dari Ponsel

Pengertian root pada samartphone Android

Sebelum menjelaskan bagaimana melakukan root pada pada ponsel Android Redmi 2, terlebih dahulu akan dijelaskan apa pengertian dan fungsi dari root pada smartphone android. Mungkin sebagian dari anda yang mempunyai smartphone android pernah mengalami ketika menginstall sebuah aplikasi di handphone android muncul peringatan bahwa untuk menginstall aplikasi tersebut hanphone harus diroot terlebih dahulu. Bagi orang yang sudah terbiasa dengan hanphone android mungkin sudah terbiasa mendengar istilah root ini tapi bagi orang yang baru memiliki hp android karena sebelumnya memakai hp dengan OS yang lain seperti Balackbery, Iphone dan lain sebagainya pasti istilah root ini agak asing di telinga. Lalu apa sih yang dimaksud dengan root ini ?

Root secara harfiah artinya adalah akar, pengertian root untuk hanphone berbasis android maksudnya adalah sistem akun yang mempunyai hak penuh untuk mengakses, merubah, menambah, menghapus atau bahkan mengancurkan semua data yang ada dalam suatu sistem operasi. Jadi fungsi dari root ini adalah memberikan akses sepenuhnya kepada penguna android untuk masuk ke sistem sehingga pengguna dapat mengurangi atau menambah data-data yang berada pada sistem andorid.

Cara melakukan root pada smartphone Redmi 2

Redmi 2 adalah smartphone yang dikeluarkan oleh Xiaomi pada bulan Januari 2015 lalu yang merupakan generasi penerus dari Redmi 1S, smartphone yang mengusung tema High-resolution display ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 1.5 juta saja, namun dengan spesifikasi yang cukup mumpuni salah satunya adalah koneksi super cepat 4G LTE, selain itu prosessor Quad core ARM Cortex-A53 64 bit  dan RAM 1 GB yang ditanam pada smartphone Redmi 2 membuat smartphone ini sangat tangguh, sehingga sangat mendukung bagi anda yang memiliki kegemaran main game.

Untuk melakukan root pada smartphone Redmi 2 cukup mudah dan bisa dilakukan langsung melalui hanphone tanpa harus dihubungkan ke PC atau laptop. Dibawah ini adalah langkah-langkah cara root pada Redmi 2 :

  • Pertama silakan download file RootRedmi2 zip dan file Update.zip
  • Selanjutnya pada folder Tools silakan buka aplikasi Updater
  • Setelah muncul aplikasi MIUI updater, kemudian klik option yang berada dipojok kanan atas tepatnya di bawah ikon batere.
  • Akan muncul beberapa pilihan, silakan pilih Choose update package kemudian cari file update.zip yang didownload tadi biasanya ada di folder download, jika sudah ketemu klik file update.zip tadi.
  • Smartphone Redmi 2 anda akan restart dan langsung melakukan proses instalasi
  • Setelah selesai kemudian lakukan proses nomor 3 dan 4 tadi yaitu masuk lagi ke aplikasi updater kemudian pilih choose uppdate package sekarang yang dipilih adalah file yang satunya yaitu file RootRedmi2.zip
  • Maka smartphone Redmi 2 anda akan masuk ke recovery mode kemudian pilih Yes – Root Devices (/system/xbin/su).

Jika prosesnya sudah selesai maka hasilnya bisa anda cek dengan memakai aplikasi Root Checker yang dapat didownload di aplikasi Google Play Store, maka jika proses root tadi berhasil pada Root Checker akan terdapat tulisan Congratulations root access is properly installed on this device. Demikian cara root pada samartphone Redmi 2 semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.