Cara Riset Keyword Youtube

Cara Riset Keyword Youtube


Youtube.. youtube… youtube… lebih dari tv! Boom!!!!
Itulah tagline fenomenal dari salah satu youtuber terbesar dari Indonesia. Situs web berbagi video ini begitu fenomenal dan menjadi bagian tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat dunia utamanya para pengguna gadget aktif. Berbagai macam konten dapat kita temukan disini. Dari mulai berita, tutorial, music terbaru, cover-cover lagu, hingga kini yang menjadi viral adalah vlog yang merupakan singkatan dari video – blog. Selain sebagai media visual yang dapat kita nikmati, kita pun bisa berkarya dan menghasilkan pundi – pundi rupiah dari situs youtube ini.
Kepopuleran youtube ini juga menjadikan berbagai kalangan mulai berkarya dengan membuat video untuk kemudian diunggah di youtube. Mereka tentunya berusaha membuat konten-konten yang berkualitas dan menarik agar viewers dan subscriber nya cepat meningkat. Dengan banyaknya orang – orang yang kini berkarya di youtube, pihak youtube pun memberikan apresiasi dengan memberikan penghargaan-penghargaan bagi setiap youtuber yang telah berhasil menarik para viewers dan mendapatkan subscriber.
Penghargaan tingkat pertama yang diberikan youtube adalah ketika chanel youtube meraih jumlah subscriber mencapai sebanyak 100.000, pihak youtube akan memberikan sebuah plakat yang di sebut dengan ‘Silver Play Button’. Sebuah kebanggan tersendiri jika mereka yang telah terjun ke dunia youtube mendapatkan penghargaan demikian. Hingga saat ini tercatat di Indonesia baru satu orang yang mendapatkan pencapaian tertinggi dengan mendapatkan ‘Golden Play Button’ yaitu chanel youtube dari Raditya Dika yang telah mencapai jumlah subscriber setidaknya berjumlah 1.000.000 . Konten-kontennya yang menarik dan sangat menghibur menjadikan chanelnya begitu popular. Karya-karyanya seperti Serial Malam Minggu Miko, atau video-video nya saat sedang stand up comedy menarik banyak minat viewers sehingga channelnya mencapai puncak kesuksesan seperti sekarang ini.
Konten tentunya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan karya kita di dunia youtube. Dengan kebebasan penguploadan menyebabkan akses kita menjadi sangat bebas dan tak terbatas. Terkadang kita akan menemui konten-konten yang kurang pantas atau bahkan hingga konten-konten yang fatal mengenai sesuat yang sangat penting. Di youtube juga sangat rentan terhadap konten-konten yang berbau sara rasis dan lain sebagainya. Untuk itu beberapa Negara  melarang situs youtube untuk bias dilihat di negaranya dengan kata lain situs youtube tidak akan bisa di akses di Negara-negara tersebut.
Namun, di luar itu semua Youtube benar-benar mampu meng influence banyak pihak dari berbagai kalangan. Bisa dibilang Youtube ini merupakan sumber penghasilan utama bagi beberapa pihak khususnya para youtubers. Mereka membuat konten video bukan hanya untuk hiburan semata melainkan untuk mendapatkan fee dari Youtube yang mereka dapatkan berdasarkan viewers.
Nah, jika kalian mungkin tertarik untuk menjadi youtuber, yang pastinya paling penting dan pertama kali yang harus kalian pikirkan adalah kira-kira konten seperti apa yang sekiranya bisa menarik viewers. Jika kalian kebingungan mengenai konten apa yang harus kalian buat, kalian bisa melihat video-video yang menjadi hot top di Youtube. Setelah mendapatkan konten, kalian harus melakukan riset mengenai keyword – keyword yang potensial di Youtube. Tujuan dari riset ini adalah untuk mencari keyword atau kata kunci apa yang sekiranya cocok dan berpotensi untuk judul video Youtube yang kita buat. Riset ini merupakan cara yang cukup efektif agar video-video yang kalian unggah di Youtube semakin mudah ditemukan oleh para viewers. Di bawah ini akan di paparkan bagaimana cara riset keyword Youtube untuk mendapatkan ide pembuatan konten Youtube kalian.
YOUTUBE SUGGESTION
Kalian bisa mendapatkan isnpirasi-inspirasi untuk judul video Youtube kalian melalui kata dasar yang kalian ketikkan di search engine Youtube. Caranya adalah :

1.Buka situs Youtube.com atau aplikasi Youtube pada gadget kalian.
2.Setelah halaman Youtube berhasil dibuka, ketikkan kata dasar yang relevan dengan video yang ingin kalian buat.
3.Dengan kata dasar yang kalian ketikkan, maka akan muncul hasil pencarian berupa video-video yang berkaitan dengan kata dasar yang kalian ketikkan. Nah, hasil dari pencarian itu bisa kalian jadikan referensi judul untuk video yang akan kalian upload di Youtube. Kalian bisa memilih kata kunci yang berada pada urutan paling atas dan bisa kalian gabung-gabungkan dengan kata kunci di jajaran atas lainnya.

Judul dan Tag yang Paling Populer di Youtube
Seperti yang sudah di paparkan di atas tadi mengenai video – video terpopuler di Youtube. Kalian bisa mendapatkan cara riset keywordYoutube dengan melihat video – video paling populer di Youtube yang bisa kalian temukan di fitur trending. Setelah menemukan video-video yang sedang menjadi top trending, kalian bisa melihat tag atau hastag yang digunakan oleh video-video yang sedang menjadi top trending.
Sebenarnya kalian juga bisa menggunakan fitur dari Google yaitu dengan cara meng install Google chrome ekstensi yang memiliki satu hastag dengan Youtube.  Cara kerja fitur ini adalah, dengan kalian memasang Google chrome ekstensi pada browser Google chrome kalian, maka informasi mengenai hastag yang digunakan oleh video-video populer yang kalian lihat akan ditampilkan. Dengan mendapatkan informasi mengenai hastag yang sering digunakan, kalian bisa juga menambahkan hastag hastag itu ke dalam list hastag yag akan kalian gunakan dalam video Youtube yang akan kalian unggah.
GOOGLE TRENDS VIDEO
Cara riset keyword Youtube  yang satu ini dengan memanfaatkan produk keluaran Google. Produk itu merupakan Google trends video. Kegunaan dari Google trends video ini adalah untuk menemukan informasi-informasi mengenai video-video yang sedang trend atau menjadi viral di dunia. Bahkan, kalian juga bisa mencari tahu video-video yang sedang menjadi top trending di negara-negara tertentu saja. Dan salah satu keunggulan lebih yang dimiliki Google tren video ini adalah fitur ini mampu mencari video-video yang menjadi trending pada waktu tertentu. Jadi selain area negara tertentu yang dapat kalian cari, waktu tren juga dapat kalian telusuri. Fitur ini tentunya menjadi unggulan karena di aplikasi-aplikasi sejenis seperti Youtube trending belum memiliki fitur seperti itu.
UBER SUGEST
Cara riset keyword Youtube selanjutnya adalah dengan Ubers Sugest. Aplikasi berbasis Online ini tersedia secara gratis untuk mendapatkan informasi mengenai keyword atau kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang kalian gunakan. Jadi sesaat setelah kalian mengetikkan kata kunci, kalian akan menemukan kata kunci lain yang sering di cari oleh orang-orang. 

Kalian dapat mencobanya di ubersuggest.io . Di website ini kalian juga bisa memilih negara mana yang kalian akan telusuri. Dengan mengetikkan kata kunci, maka uber sugest akan mencari kata kunci lain yang relevan dengan yang kalian ketikkan dan hal itu bisa kalian analisis untuk kalian jadikan judul. Untuk menganalisis kalian bisa menggunakan Google plans untuk melihat presentase pencarian untuk setiap kata kunci yang kalian temukan. Nah dari presentase ini kalian bisa memilih kata kunci yang memiliki presentase tinggi dan memiliki ketahanan trending paling lama
tabs-top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.